Rabu, 23 November 2016

Training Digital Marketing di Pekanbaru

Training Digital Marketing
Meningkatnya pengguna social media di Indonesia, menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap beragam jenis digital marketing dalam kehidupan mereka. Sebagai marketer, Anda harus paham seberapa jauh digital marketing menjawab kebutuhan pasar, dan bagaimana menyusun strategi yang tepat sehingga meningkatkan penjualan perusahaan Anda. Setelah mengikuti pelatihan DIGITAL MARKETING ini, peserta diharapkan mampu mendorong keterlibatan customer, mencapai target pasar yang lebih optimal, meningkatkan penjualan, dan membangun digital branding dengan cost yang lebih efisien.



Apa Itu Digital Marketing?

Menuliskan Apa ituDigital Marketing teringat waktu saya memulai tulisan ini pada awal tahun 2011 dengan judul Marketing in 2011 setelah mengikuti yang ditaja oleh Majalah Marketing. Digital Marketing adalah cara marketing untuk sebuah brand atau produk menggunakan media digital. Yang termasuk Media Digital antara lain adalah : Television, Radio, Internet, Mobile, Social Media dan berbagai media digital media lainnya, dimana teknik-teknik Internet Marketing termasuk dalam kategori Digital Marketing.
Apa yang menjadi kelebihan Digital Marketing dibandingkan Conventional Marketing yang lebih mengandalkan pemasaran offline seperti kita ketahu selama ini :

Door to door,
Penyebaran marketing kit seperti (brosur, leafet dan poster),
Billboard /Reklame
Iklan media cetak seperti (Koran, majalah, dll)
Telemarketing lewat telpon.

Dibandingkan dengan Digital Marketing, bisa dibilang Digital Marketing menggunakan tools yang dapat mengefektifkan kinerja pemasaran Anda, bayangkan dengan website dan social media maka kita bisa menjangkau pemasaran ke seluruh belahan dunia tanpa dengan mudah, hanya dengan klik and touch, bayangkan bila Anda menggunakan media conventional maka effort yang Anda butuhkan lebih besar untuk menjangkau pasar yang begitu besar.
Digital Marketing kini yang sangat populer di dunia adalah pemasaran online lewat website dan social media karena teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi karena memberikan keleluasaan waktu bagi target audience kita untuk membaca promosi kita.
Bayangkan seringkali kita diberikan brosur di Mall-Mall dan karena kita belum membutuhkannya maka seringkali brosur itu kita buang sehingga terjadi pemborosan resource pada jenis pemasaran conventional, demikian dengan pemasaran langsung door to door seringkali para sales menawarkan kita pada waktu yang kurang tepat, bahkan untuk pemasaran telemarketing seringkali kita menerima penawaran kartu kredit ataupun produk investasi pada waktu yang kurang tepat sehingga kita merasa terganggu. Anda pernah merasakannya? tidak mau angkat telepon karena tidak terdaftar di hp anda?
Kita harus berterima kasih pada Digital Marketing, bayangkan apabila semua perusahaan menerapkan metode Digital Marketing maka kita diberikan kebebasan dan kita tidak lagi tergganggu oleh para sales produk/ brand. Selain itu Digital Marketing memiliki nilai eco friendly (tidak membayakan lingkungaj) karena sifatnya yang paperless, bayangkan bila semua dari kita menggunakan metode digital marketing berapa banyak pohon yang kita bisa hemat di dunia ini.
Lalu apa Kunci Sukses Digital Marketing Indonesia?  Kunci Sukses Digital Marketing adalah Content dari Promosi. Sebenarnya digital marketing maupun conventional marketing semuanya adalah metode marketing keduanya sama-sama memerlukan content marketing yang benar-benar sesuai dengan target market.

Apa yang Anda Peroleh Setelah Mengikuti Pelatihan Ini?
Lebih paham tentang Digital Marketing dan dapat mengaplikasikannya sehingga dapat meningkatkan penjualan dengan optimal.

Mampu menciptakan digital branding dengan cost yang lebih efisien.

Mampu menentukan model dasar pelaksanaan Online Marketing yang dapat dijalankan sesuai dengan kondisi pasar di Indonesia.

Mampu menyusun strategi penggunaan Media Online, berdasarkan tujuan dan industri/kategori produk.

Lebih tahu mengenai kelebihan dan kekurangan berbagai jenis Media Online, dibandingkan media konvensional lain, mau pun dibandingkan sesama Jenis Media Online.

Apa yang dipelajari dalam Pelatihan Ini?
Modul 01 Strategic Issues & Digital Marketing Modelling
Modul 02 Digital Marketing Tactics
Modul 03 Social Media Marketing
Modul 04 Tools Training
Modul 05 Implementation & Case Studies

Bagaimana cara menemukan Produk?
Berikut ciri-cirinya:
Ukurannya tidak terlalu besar dan beratnya di bawah 3 kg. Dengan begitu, anda tidak perlu repot melakukan penyimpanan dan pengiriman. Produk digital termasuk dalam kategori yang bagus untuk pemula.
Harganya antara Rp 70 ribu hingga Rp 3 juta. Harga yang terlalu rendah akan menyulitkan, karena anda perlu menjual banyak untuk mendapatkan keuntungan tinggi. Sedangkan produk harga tinggi akan membutuhkan orang yang berpengalaman.
Spesifik untuk kalangan tertentu. Misalnya kalau anda menjual makanan, tentukan target pasar tertentu misalnya anak kuliahan atau pekerja kantoran, dll. Dengan demikian, penjualan nantinya akan jadi lebih efektif.
Tidak dijual di mini-market dan swalayan. Orang lain tidak akan membeli dari anda apabila mereka bisa menemukan produk tersebut di tempat yang lebih terpercaya seperti swalayan.
Bukan produk KW. Kalau anda ingin jadi penjual kecil-kecilan, menjual produk KW atau tiruan mungkin tidak masalah. Tapi kalau anda bercita-cita lebih tinggi, sebaiknya dihindari. Dalam jangka panjang akan menyusahkan diri sendiri.
Satu tambahan lagi, kalau anda ingin berjualan online sebaiknya produknya bukan pecah belah. Karena selain sulit untuk dikirim, anda akan repot berhadapan dengan komplain pembeli apabila terjadi kerusakan dalam pengiriman. 
lalu menentukan jenis produk yang ingin dijual. tips jenis-jenis barang yang cocok untuk dijual secara online, yaitu:
Harga barang sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 1.000.000,-
Dimensi tidak terlalu besar, kurang lebih sekitar 15x15x15 cm
Berat per item sekitar 10-500 gram
Tidak dijual di supermarket atau toko-toko fisik lainnya
Intinya produk yang harus dijual adalah produk yang ukuran & beratnya efisien untuk dikirim melalui JNE atau agen pengiriman lainnya, harganya tidak terlalu murah/mahal (kalau kemurahan sayang di ongkir, kalau kemahalan biasa customernya takut ditipu), dan jarang ditemukan secara offline/toko fisik.
Contoh jenis barang yang cocok seperti:
Aksesoris
Baju/fashion
Otomotif/spare parts ringan
Elektronik dan aksesoris komputer/gadget
Produk olahraga dan kecantikan
Apa Keuntungan Digital Marketing?
Seperti yang sudah dijelaskan diatas Digital marketing akan menghasilkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Digital marketing juga memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh strategi marketing konvensional (off line marketing), diantaranya adalah dalam hal measurement atau tolak ukur keberhasilan dari sebuah strategi. Dalam hubungannya dengan Website, penerapan digital marketing akan memiliki dampak yang positif untuk jangka panjang sebuah website. Diantaranya yaitu dapat meningkatkan pengunjung website, meningkatkan citra perusahaan melalui website, dan meningkatkan omset penjualan barang/jasa. Di jaman sekarang seiring kemajuan teknologi, digital marketing menjadi pilihan utama oleh pebisnis/pengusaha, karena dengan biaya yang murah dapat memperluas pemasaran secara global dan mengingat media website di internet dapat diakses kapanpun, dimanapun tanpa batas oleh semua publik.

Anda juga dapat belajar di Kelas Digital Marketing Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar